Bapak Mamak #JadiBisa Ke Inggris Dengan Traveloka

Nama saya Tiwi, hobi saya jalan-jalan keliling dunia dengan dana seminim mungkin alias murah meriah. Mulai dari mencari penginapan murah, numpang di rumah orang, sampai rela begadang demi mengejar tiket promo. Kalau rejeki lagi lebih, saya juga suka mengajak Bapak, Mamak, dan adik-adik saya. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena saya ingin mereka juga melihat dunia seperti yang (sering) saya lakukan.

Pendukung terbaik dalam hidup saya

Saat ini saya sedang diberi kesempatan untuk merasakan tinggal di negeri Ratu Elizabeth sebagai pelajar, dan karena studi saya sudah selesai jadinya sisa menunggu wisuda yang akan dilaksanakan beberapa bulan lagi. Ingin rasanya didampingi oleh Bapak dan Mamak ketika wisuda nanti adalah mimpi saya beberapa bulan lalu. Rasanya hampir tidak mungkin, sebab selain pengurusan visa yang sedikit menantang juga biaya yang dibutuhkan pasti tidak sedikit, apalagi tiket pesawat yang harga untuk satu orang saja sudah lumayan mikir buat dibeli, apalagi buat dua orang. Tapi, sebagai orang yang kalau sudah menginginkan sesuatu pasti akan susah tidur sampai sesuatu itu saya dapatkan, akhirnya isenglah saya membuat perhitungan biaya yang harus saya siapkan untuk mengajak Bapak dan Mamak ke Inggris, mulai dari visa hingga tiket pesawat, yang biasanya merupakan salah satu pengeluaran terbesar ketika traveling.

Ketika wisuda S1, inshaaAllah akan foto gini lagi Januari nanti ya, Bapak Mamak

Saya pun lalu mencari tiket Jakarta – London pulang pergi untuk dua orang dengan jadwal penerbangan bulan Januari 2018. Biasanya saya langsung mencari di situs maskapai yang saya tahu memiliki rute yang saya inginkan. Tapi, ternyata hasil pencarian saya tidak sesuai dengan kondisi finansial saat itu. Lalu, saya pun iseng mencari di Traveloka. Ketika di Indonesia, saya biasanya membeli tiket pesawat di Traveloka, selain karena bisa membandingkan banyak maskapai, sistem pembayarannya juga bervariasi jadi lebih mudah dalam proses booking dan bayar. Semua tiket yang dulu saya pernah beli lewat Traveloka adalah tiket domestik, saya belum pernah mencoba mencari tiket untuk rute internasional.

Beberapa tiket yang pernah saya beli di Traveloka, semua rute domestik

Akhirnya saya coba masukkan Jakarta – London, untuk dua orang, dengan pilihan tanggal yang waktu itu saya anggap cocok dengan jadwal wisuda saya nanti. Muncullah berbagai pilihan maskapai yang ada, dan saya menemukan yang harganya cukup sesuai dengan kemampuan finansial saya saat itu. Namun, sebagai pemburu tiket murah, hal ini membuat saya sedikit “curiga” karena harganya terlalu murah untuk rute Jakarta-London pulang pergi. Saya pun mencoba mencari tahu berbagai kemungkinan-kemungkinan yang ada, seperti misalnya pajak bandara atau biaya-biaya lain yang harus dibayarkan setelahnya. Mulai dari googling, bertanya di customer service Traveloka, hingga ke beberapa orang lain yang pernah membeli tiket rute internasional di Traveloka. Semua jawabannya sama, harga di Traveloka adalah harga final alias tidak akan ada biaya tambahan lainnya. Selidik punya selidik, ternyata ada fitur yang tidak saya sadari ketika mencari dan memilih tiket tersebut, yaitu fitur “Smart Combo”. Fitur ini memungkinkan kita menghemat hingga 40% jika memilik rute penerbangan pulang pergi.

Fitur Smart Combo yang bisa bikin hemat sampai 40%

Malam itu juga saya langsung menghubungi Bapak, meminta ijin untuk membelikan beliau dan Mamak tiket, dan urusan lain seperti visa, akomodasi, dan lain-lain akan kita pikirkan dan urus nanti begitu waktunya tiba. Saya menginfokan mereka kalau jadwalnya adalah dari tanggal 12 Januari hingga 27 Januari 2018, sehingga mereka juga tahu kapan harus menyiapkan diri. Pembelian tiket tersebut adalah pembelian tiket pesawat paling tinggi nominalnya yang pernah saya beli seumur hidup saya. Sebenarnya sempat khawatir juga, sebab nominalnya cukup besar. Namun, sepengalaman saya selama membeli tiket di Traveloka memang tidak pernah ada isu, termasuk ketika saya mau mengubah jadwal penerbangan, semuanya mudah dan cepat.

Dengan memantapkan niat, saya pun memproses bookingan tiket Jakarta-London, dan untungnya bisa dibayar dengan kartu debit/kredit, sehingga saya bisa memproses pembayaran dengan kartu bank UK saya, tanpa ribet dan dalam beberapa menit e-ticket sudah saya terima di kotak masuk surel saya. Oh iya, saya juga sekalian membeli asuransi yang ditawarkan ketika final proses pemesanan tiket. Jadi lengkap sudah, tiket pesawat dan asuransi untuk Bapak dan Mamak ke Inggris.

Jakarta – London (via Vietnam)

 

London – Jakarta (via Vietnam)
Resi pembayaran tiket dan asuransi (murah kan? semua berkat fitur Smart Combo)

 

Saya percaya kalau mimpi itu harus diperjuangan, termasuk mimpi mengajak Bapak dan Mamak ke Inggris, melihat dunia dan mendampingi saya wisuda nanti. Terima kasih Traveloka, karena fitur Smart Combo maka Bapak dan Mamak saya (inshaaAllah) jadi bisa ke Inggris di bulan Januari nanti.

 

p.s.: Minggu ini, Bapak dan Mamak akan ke Jakarta untuk mengurus visa. Mohon doanya ya, semoga lancar dan visanya granted, amin.

4 Comment

  1. Ninik says: Reply

    hai kakkk

    1. halo, ninik

  2. wah,semoga diberi kelancaran dan kemudahan mb. jadi pegen nyobain traveloka. salam kenal mbaa

  3. Wih keren. Semoga perjalanannya dilancarkan semua ya

Leave a Reply