Selamat Bertambah Usia, Mamak…

Happy Bday, Mom….

Mamak in her style
30 Mei, 49 tahun yang lalu, beliau yang kupanggil mamak baru saja dilahirkan ke dunia, dan sekarang, dia pun telah melahirkan 6 orang anak, saya salah satunya, si sulung.
Mamak bukan sosok ibu yang kerap membantu kami mengerjaan pe-er, bukan pula sosok ibu yang gemar bersosialita dan bergaya seperti ibu kebanyakan. Mamak hanya sosok sederhana, berbadan besar, dan masih kerap memarahi kami jika berbuat kesalahan atau membuat beliau jengkel.

Mamak juga hanyalah sosok yang baru beberapa bulan lalu tau dan mengerti cara berkirim pesan lewat sms, dia pun tidak banyak neko-neko, ingin gadget ini atau itu, tas merk ini atau itu, tidak sama sekali… Mamak kami hanyalah seorang perempuan lulusan SMA tidak terkenal, yang kemudian dipilih oleh Bapak menjadi pendamping hidup dan calon ibu dari anak-anaknya, yang sekarang adalah kami, 5 perempuan dan 1 orang anak laki-laki.
Mamak adalah tipe perempuan jaman dulu yang lebih memilih bekerja tanpa bantuan pembantu dan berkegiatan dengan cara menjual, sebab tanpa ada kegiatan, justru badannya akan pegal sendiri dan kepalanya juga ikut pusing, aneh memang, tapi itulah mamak.
Mamak besar di lingkungan pasar, bahkan sampai sekarang pun masih bergelut di dunia pasar, mamak memilih berjualan cakar (pakaian bekas dr luar negeri) bukan untuk memenuhi kebutuhan hidup kami, tapi sebagai pengalih perhatian dibandingkan tidak melakukan apapun. Alhamdulillah kami masih diberi kepercayaan mendapat rejeki dari beberapa sumber, sehingga untuk kehidupan sehari-hari tidaklah sulit.
Meski saya lebih klop dengan Bapak, tapi anak mana sih yang tidak sayang sama ibunya sendiri. Mamak sudah memberikan begitu banyak pada kami, memberi kami kehidupannya, mempertaruhkan nyawa dikala melahirkan kami, mengurus dan membesarkan kami, pokoknya betapapun kami ingin membalasnya, pastilah tidak akan pernah cukup.

Familytrip to Singapore – Mar 2013
Salah satu cara membalas mereka, bapak dan mamak, adalah membiarkan mereka melihat apa yang  saya senangi, perjalanan. Alhamdulillah setahun lalu diberi rezeki lebih untuk “memborong” beberapa tiket promo yang berujung pada liburan keluarga ke negeri tetannga, Singapore di saat perayaan ulangtahun saya yang ke 21, dan selanjutnya kembali liburan keluarga di kota wisata Jogja dan Batu, dan sekarang, alhamdulillah bisa menghadiahkan mamak sebagai kado ulang tahun yakni sebuah paket wisata honeymoon dengan bapak selama 5 hari ke Pulau Dewata.
Familytrip at Jogja – Apr 2013
Melalui jasa travel Pandawa 5, beberapa bulan lalu saya sudah membookingkan sebuat paket bulan madu lengkap untuk bapak dan mamak + ai (akhirnya si bungsu yang berumur 2thn juga ikut sebab bapak dan mamak khawatir meninggalkan Ai). Mereka sudah berangkat di tgl 28 Mei kemarin, dan alhamdulillah lagi setiap kali menerima telepon mamak (sehari bisa tiga kali) hanya tawa bahagia dan ucapan senang yang beliau lontarkan, mulai dari pelayanan penjemputan di bandara, hotel ensuite yang bagus, hingga berkapal pesiar ke Lembongan dan menginap di sebuah resort mewah yang mana hanya mereka bertiga tamu Indonesia, sisanya bule, hehehe
Bapak, Ai, Mamak
Saya tahu itu belum seberapa dibandingkan apa yg sudah beliau beri pada kami, tapi saya bersyukur masih bisa dan masih mampu membuat mereka, bapak dan mamak, ikut menikmati dunia ini, sebab saya merasa sudah saatnya mereka di hampir 1/2abad hidupnya untuk relaks dan santai menikmati hidup.


Kami, isnyaAllah akan bekerja lebih cerdas dan lebih keras untuk memberi apa yang kami bisa agar mereka bahagia dan menikmati dunia…

Mamak & Bapak

Sekal lagi, terima kasih bapak, terima kasih mamak, sudah menghadirkan kehidupan pada kami, sudah membiarkan kami tumbuh dan menjadi bagian dari kalian, sudah memberikan kami kebebasan menikmati dunia, kini saatnya kami bertuga untuk membalas jasa-jasa kalian, walau kami tahun berapa kalipun kami hidup di dunia ini tidak akan setimpal dengan apa yang telah kalian berikan untuk kami, tapi kami yakin berapa kalipun kami dibiarkan hidup, jika boleh meminta, kami akan selalu mau menjadi anak-anak kalian…

Selamat bertambah usia, mamak…
I love you till the end :*

Leave a Reply