Permintaan Maaf

Awalnya ingin menuliskan judul postingan ini “Permintaan Maaf Bagi Para Pembaca Web/Blog Saya” tapi siapalah saya ini, tidak cukup percaya diri kalau ada yang membaca tulisan-tulisan di web ini dan menunggu postingan berikutnya.

Tapi terlepas dari itu semua, saya meminta maaf.

Pertama-tama untuk blog ini tentunya, karena sudah jarang menulis (kalau boleh pembelaan sedikit, secara saat ini saya hidup di daerah yang sinyal 3G pun adalah hal mewah, maka ketika ada kesempatan mendapatkan sinyal oke, saya lebih memilih untuk mengunduh film-film sebagai stok pengisi waktu luang jika kembali ke kampung penempatan tugas). Tapi, seperti kata orang bijak, pembelaan justru membuatmu tidak belajar apa-apa, maka ya saya memang pemalas dan akhirnya kena hukuman deh, server hostingan blog saya tiba-tiba crash, semua database tidak terselamatkan, termasuk yang sudah dibackup. Belum cukup sampai di situ saja, tiba-tiba ketika sudah bisa dipulihkan (meski semua postingan hilang), kemudian web/blog ini dihack. Seperti kata orang-orang, kita baru merasa hal itu penting ketika kehilangan. Hiks hiks hiks.

Akhirnya setelah proses beberapa bulan lamanya, di tengah kesibukan dan keterbatasan sinyal, berkat bantuan beberapa teman, blog ini bisa pulih, meskipun harus mulai dari 0 lagi. Tapi, Alhamdulillah, berkat web.archive.org semua postingan bisa dikumpulkan kembali, meskipun semua komen di setiap postingan tidak bisa diselamatkan, tapi tidak apalah, daripada tidak ada sama sekali (saat ini masih proses untuk menerbitkan ulang tulisan-tulisan lama yang ternyata jumlahnya ada 92 tulisan, waw)

Mudah-mudahan ini jadi pelajaran biar ke depannya saya makin sayang sama blog ini dan rajin-rajin menulis, amin.

Saya juga mau minta maaf buat semua orang yang sering mengunjungi blog ini, aduh, makasih banyak loh, bukannya saya ge-er atau kepedean loh kalau ada yang mengunjungi blog ini dan bahkan menantikan tulisan saya, tapi ada beberapa yang memention saya di twitter, menanyakan di line dan email, perihal blog saya kenapa dan mendoakan agar segera pulih ketika saya ceritakan perihalnya. Sumpah, saya sendiri tidak menyangka ada orang-orang di luar sana yang mostly saya tidak pernah ketemu dan bahkan tidak kenal, yang rajin berkunjung ke blog ini dan membaca tulisan-tulisan random saya. Makasih banyak loh, saya terharu :”)

Saya juga minta maaf dan terima kasih banget buat pihak-pihak yang saya repotkan untuk membantu proses pemulihan blog ini. Kak Imam, Kak Made, Aisyah (yang juga si ilustrator avatar yang ada di header blog saya), terima kasih banyak kalian, maaf sering membuat kesal dan meneror kalian *sungkem satu-satu*.

 

Semoga di 2016 ini saya lebih rajin menulis dan memposting tulisan di blog ini, amin.

 

Psstt… I’m currently trying to finish my writing, my 1st book, and I wish I can do it before the end of 2016, wish me luck, bismillah.

 

Cheers,

Tiwi

3 Comment

  1. Dia says: Reply

    Yeayy Tiwi, akhirnya ngeblog lagi 😀

    1. iyaaa… yeaaay…. hahaha… doain semakin rajin yak

  2. mimi says: Reply

    yeaay… welcome back, kak

Leave a Reply