Transfer Beda Bank Gratis !!!

Saya sebenarnya adalah nasabah setia Bank Centra Asia alias BCA. Rekening bank yang pertama kali saya buka ketika SMP adalah BCA. Namun, seiring berjalannya waktu, karena tuntutan pekerjaan, saya akhirnya mulai melirik bank-bank lain, sebab banyak dari mitra kerja yang ketika ingin mentransfer uang lebih memilih untuk transfer ke rekening yang banknya sama dengan mereka. Tentu saja dengan alasan biar tidak kena potongan. Hufh, pelit amat sih, pikirku. Apalah artinya 5.000 – 7.5000 sekali transaksi. Akhirnya saya pun menjadi nasabah dari beberapa bank, seperti Mandiri, BNI, Commbank, hingga akhirnya BRI, karena saat ini sedang bertugas di Papua, di mana hanya ada BNI, Mandiri dan BRI. Awalnya saya masih santai-santai saja, melakukan penarikan dan transfer uang dari rekening utama saya ( BCA ) melalui ATM bank lain. Tapi, kok lama-lama, memerhatikan transaksi, lumayan sering juga dipotong 6.500 – 7.500.

Bayangkan kalau dalam sebulan saya bisa melakukan transaksi beda bank setidaknya 10 kali, bisa dapat 65.000 – 75.000 tuh, lumayan untuk naik ojek 15 kali. Apalagi saya ini anaknya pemalas, didukung oleh fasilitas internet banking BCA yang sangat tidak user friendly untuk transfer beda bank. Harus masukin cabang rekening tujuan-lah, apa-lah, jadilah harus merajinkan diri untuk naik ojek ( jika sedang di kota ) ke ATM terdekat ( non BCA ) untuk melakukan transfer atau tarik tunai. Untuk itu saja saya harus mengeluarkan biaya ojek 10.000 rupiah pulang pergi + biaya transfer beda bank 6.500 rupiah. Dapatlah nasi goreng + kerupuk di Fakfak sini.

Sampai akhirnya, saya melihat postingan teman di timeline Facebook, mengenai startup baru yang katanya bisa transfer uang beda bank tanpa biaya alias gratis. Tapi, waktu itu saya tidak tertarik untuk mencari tahu. Selain karena malas, saya juga masih merasa ah sudahlah, 5 atau 7 ribu ini, kok.

Tapi, hari ini, karena sedang dilanda kerjaan yang banyak dan lagi PMS, saya malasnya luar biasa, padahal ada transaksi yang harus dilakukan. Kasusnya seperti ini, ada sejumlah dana yang harus saya transfer dari rekening BCA ke rekening mitra yang ternyata Bank Mandiri. Tapi, karena masih belum yakin, akhirnya saya mencoba untuk melakukannya ke rekening saya sendiri, yaitu BNI.

Jadi, saya akan mencoba mentransfer dari BCA ke BNI. Akhirnya, saya beranikan diri untuk mencoba start-up buatan anak bangsa ini. Namanya Flip. Bisa dibuka di sini.

Awalnya seperti situs pada umumnya, kamu akan diminta untuk registrasi dengan menuliskan alamat email kamu. Tapi, jangan senang dulu, karena kamu akan masuk di waiting list alias daftar tunggu, soalnya lumayan banyak yang minat untuk mencoba ini dan juga ini masih versi beta.

Screen Shot 2016-02-11 at 3.24.17 PM

Setelah itu, silakan cek email kamu, di sana akan dikirimkan informasi bahwa kamu telah masuk ke dalam daftar tunggu. Harus menunggu berapa lama? Saya juga tidak tahu pasti sih normalnya. Tapi cek di kolom kanan bawah di web flip, ada kolom chat, dan biasanya kamu akan disapa langsung oleh tim mereka. Saya tadi minta dengan sengaja sih buat tidak lama dimasukin ke daftar tunggu-nya. Responnya cepat dan bagus, kurang dari 3 jam, saya akhirnya dikirimkan undangan beserta kode khusus untuk log-in.

Screen Shot 2016-02-11 at 3.24.31 PM

Lalu, saya pun memberanikan diri untuk melakukan pengiriman uang, bismillah.

Screen Shot 2016-02-11 at 3.25.58 PM

Saya memilih untuk mencoba batas maksimal, yaitu 2.000.000 rupiah. Lalu saya proses. Kemudian seperti biasa, penyesalan datang belakangan. “gimana kalau ini scam? ntar duitnya ga balik atau ga masuk gimana? harusnya tadi milih transfer 50ribu aja, hufh”. Akhirnya saya pasrah dan mengikuti prosedur.

Kemudian muncul notifikasi untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening seseorang yang bukan atas nama saya tapi ke bank yang sama dengan rekening asal saya.

Jadi, karena rekening asal yang saya gunakan BCA, maka saya diminta mentransfer sesuai jumlah yang ingin saya transfer ( dalam hal ini 2.000.000 ) + kode unik 3 angka yang sistem berikan untuk, misalnya, 070. Maka, saya harus mengirimkan uang sebesar 2.000.070. Lalu dengan membaca bismillah beberapa kali, saya laksanakan sesuai yang diminta oleh sistem. Dengan internet banking BCA, saya transfer dana tersebut ke rekening BCA diperintahkan sistem.

Screen Shot 2016-02-11 at 3.32.37 PM

Ternyata saya ada di urutan ke-7 kala itu. Saya mengisi waktu dengan chatting bersama si co-foundernya lewat kolom chat di kanan bawah. Saya tanyakan biasanya prosesnya berapa lama. Kata dia, sekitar 10 menit, namun jika ada sistem bank yang trouble, bisa hingga 60 menit. Tidak sampai 2 menit setelah itu ada bunyi “cling”, ternyata urutan saya telah berubah dari 7 ke 6. Lalu tidak berapa lama, muncul informasi bahwa transaksi berhasil.

Screen Shot 2016-02-11 at 3.41.51 PM

Saya pun penasaran, lalu mengecek saldo BNI saya dengan sms banking. Dan benar, telah tertambah sejumlah dengan yang saya transfer tadi, dikurangi dengan kode unik si 3 angka di belakang. Kelak, 3 angka ini akan ditotalkan dan jadi deposit di akun saya, dan bisa saya cairkan \(^.^)/.

Seluruh prosesnya memang tidak secepat internet banking dan sms banking, tapi untuk lebih hemat 5.000 – 7.500 rupiah per transaksi, saya rasa ini lumayan untuk dicoba. Apalagi ini start-up buatan anak bangsa. Kalau bukan kita yang mendukung dan memakai, lalu siapa lagi. Ini juga masih versi beta kok, mereka masih dan sedang berusaha mengembangkan agar menjadi lebih baik ke depannya.

Masih jaman bayar buat transfer beda bank?

Kalau bisa gratis, ngapain bayar 😉

 

6 Comment

  1. Tempo hari sempat baca berita tentang flip ini. Tapi belum nyobain juga sampai sekarang 😀
    Asik deh kalau bisa gratis gitu untuk transfer beda bank \^^/

    1. Iya, enak banget, bisa hemat banyak, hahaha

  2. terima kasih atas infonya
    itu untuk semua bank atau hanya bank-bank tertentu aja

    1. Coba dicek ke websitenya langsung, setahu saya sudah banyak tambahan bank yang bekerjasama

    2. Coba dicek ke websitenya langsung, setahu saya sudah banyak tambahan bank yang bekerjasama

    3. Boleh dicek langsung di webnya 🙂

Leave a Reply