Scholarship Hunting : Q & A ( University – How to apply and get LoA )

Masih berhubungan dengan perihal beasiswa, dalam tulisan kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa hal terkait bagaimana cara mendaftar ke kampus tujuan dan mendapatkan LoA ( Letter of Acceptance ) alias surat penerimaan atau di beberapa kampus di sebut Admission Letter. Tulisan kali ini saya buat dalam format Q & A (Question & Answer) alias Tanya & Jawab. Kenapa demikian? Karena beberapa pertanyaan yang akan saya tuliskan mewakili pertanyaan-pertanyaan beberapa teman kepada saya.

Oh iya, perlu diingat bahwa semua yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya pribadi, jadi bisa berbeda-beda bagi tiap orang, maka perbanyaklah mencari referensi juga, good luck!

So, here we go…

  1. Gimana cara daftar kampus di Luar Negeri (LN) ?

Caranya adalah pertama-tama tentukan dulu mau daftar di kampus mana, lalu cek di website kampus tersebut, apakah jurusan yang kamu minati tersedia atau tidak. Baca dengan cermat, sebab ada beberapa kampus yang menyediakan beberapa opsi sistem belajar, Fulltime (FT), Part-time (PT), Online. Bedanya? Seperti namanya Fulltime akan belajar seperti kuliah pada umumnya di hari-hari biasa (weekdays), sementara Part-time biasanya hanya weekend/malam hari dengan durasi per hari lebih sedikit sehingga rentang waktu penyelesaian biasanya lebih lama dibandingkan Fulltime, atau online yang bisa diakses tanpa perlu hadir secara langsung di kelasnya. Untuk beasiswa sendiri, biasanya akan memberikan syarat kuliah Fulltime.

Setelah mengecek, biasanya akan ada pilihan untuk “Apply”, ada pula yang biasanya akan menginfokan jika pendaftaran telah dibuka. Setelah itu silakan ikuti alur yang disediakan sistem, mulai dari mengisi form biodata, melampirkan dokumen-dokumen pendukung, serta menjawab beberapa pertanyaan. Lalu cek kembali semuanya dan submit. Setelah itu sisa menunggu tim penerimaan (admission team) untuk menghubungi pendaftar, entah itu untuk mengabarkan langsung atau jika ada dokumen/hal lain yang harus dilengkapi.

Tidak usah khawatir, pengalaman saya apply di beberapa kampus, baik di UK maupun di China, tim penerimaan mereka sangat cepat respon dan baik hati, bersedia membantu dan menjawab semua pertanyaan.

  1. Biasanya kapan pendaftarannya dibuka?

Di beberapa kampus ada yang tidak memiliki waktu pendaftaran khusus alias terbuka sepanjang tahun, sedangkan di beberapa tempat lainnya ada yang memang hanya membuka pendaftaran di rentang bulan tertentu. Ada yang hanya sekali setahun intake-nya (masuk perkuliahan) ada juga yang dua kali setahun. Untuk kampus-kampus di UK sendiri sebagian besar untuk kuliah yang berbasis coursework (atau non riset) akan intake di bulan September–Oktober, sehingga pendaftaran biasanya akan dibuka awal tahun hingga pertengahan tahun. Sedangkan untuk perkuliahan berbasis riset, beberapa teman yang mengambil ini menginfokan biasanya bisa mulai kapan saja tergantung kesepakatan dengan Profesor atau ada juga yang biasanya mulai di awal tahun (Januari-Februari).

  1. Apakah bayar untuk daftar kampus tersebut ?

Beberapa kampus di LN yang pernah saya ubek-ubek webnya biasanya gratis untuk sekedar pendaftaran, tapi ada juga yang berbayar, seperti University of Warwick, di awal ketika ingin mendaftar kita harus membayar 50 pounds, sementara untuk kampus lain seperti University of Sussex atau Leeds itu GRATIS. Biasanya mereka menerima pembayaran melalui kartu kredit. Jadi, kalau tidak punya, usahakan pinjam milik teman/keluarga/kerabat.

Nah, biasanya setelah dinyatakan diterima, ada juga kampus yang mensyaratkan deposit. Untuk kamu yang akan mendanai kuliah dengan biaya sendiri/orangtua hal ini menjadi wajib. Namun, untuk mereka yang akan dibantu pendanaannya oleh lembaga pemberi beasiswa, ada beberapa pilihan. Untuk lembaga yang hanya sekedar memberi dana, bisa jadi harus dicover dulu dan nanti akan sistem reimburse, namun untuk lembaga yang juga turut serta dalam membantu pengurusan kampus, untuk segala hal yang berhubungan dengan pembayaran akan dihandle oleh mereka (lembaga pemberi beasiswa). Contohnya untuk Chevening (baca tipsnya di sini), mereka sejak awal mewanti-wanti para kandidat penerima beasiswa untuk tidak membuat kesepakatan terkait pembayaran termasuk deposit dengan pihak kampus sampai benar-benar ada surat keputusan akhir dari mereka, sebab untuk Chevening sendiri sudah memiliki kerjasama tertentu dengan kampus-kampus yang menjadi partner mereka. Untuk beberapa pemberi beasiswa pun seperti itu, misalnya untuk Fulbright, setahu saya mereka juga yang akan membantu pendaftaran di kampus.

  1. Syaratnya apa saja?

Nah untuk ini, dari beberapa kampus yang saya daftari sebagian besar syaratnya sama saja, yakni :

  • Mengisi form pendaftaran (mostly online)
  • Melampirkan dokumen-dokumen pendukung seperti  :
  1. Bukti ijazah dan transkrip (untuk S2, ada yang hanya meminta ijazah S1 tapi ada juga yang meminta ijazah SMA)
  2. Sertifikat bahasa asing (untuk UK kebanyakan kampus mensyaratkan IELTS, ada juga yang menerima TOEFL IBT. Cek juga minimum nilai yang diminta sebab untuk beberapa jurusan cenderung lebih tinggi dibandingkan yang lain)
  3. Passport / ID
  4. Resume / CV
  5. Personal Statement

PS : Untuk beberapa dokumen yang non-english, biasanya akan diminta terjemahan legalnya (dapat diterjemahkan di penerjemah tersumpah atau diterjemahkan sendiri dan dilegalisir kembali oleh kampus/notaris)

  • Melampirkan referensi, biasanya ada 2 cara :
  1. Melampirkan secara langsung surat referensi dari pemberi referensi (bisa dari dosen/pimpinan/tokoh masyarakat yang cukup mengenal kita)
  2. Hanya menuliskan data-data singkat pihak yang kita akan minta referensinya, dan kemudian kampus akan mengubungi mereka dan meminta mereka mengirimkan langsung/submit ke portal/sistem mereka.

PS : Untuk referensi sendiri, saya punya cara “cepat”, yakni saya akan menghubungi dosen yang ingin saya mintai referensinya, menanyakan kesediaan beliau dan jika sudah setuju, maka saya akan menuliskan draftnya. Hal ini saya lakukan sebab saya tahu tidak semua dosen punya waktu yang cukup banyak untuk “sekedar mengurusi” saya. Jika saya rasa draft sudah cukup oke (cukup menjual namun tidak terkesan dilebih-lebihkan), maka saya akan kirimkan ke dosen untuk direview lalu setelah diterima, maka akan saya buat versi lebih baik dan lebih rapi untuk beliau tandatangani.

  • Menjawab pertanyaan-pertanyaan berupa esai pendek atau melampirkan surat motivasi/esai/personal statement. Untuk bagian ini, biasanya pada sistem pendaftaran akan diminta untuk menjawab kolom-kolom pertanyaan seputar alasan pemilihan jurusan, memilih kampus ini, relasi dengan pengalaman atau jurusan sebelumnya, rencana ke depan, dll. Namun, ada juga kampus yang secara langsung hanya meminta calon mahasiswanya untuk mengirimkan personal statement/essay/motivation letter/study objective.
  1. Bagaimana menulis esai/surat motivasi yang baik agar diterima oleh kampus?

Untuk hal ini sebenarnya ada begitu banyak tips yang dapat dijumpai di google, bahkan terkadang di website kampus pun sering ditampilkan informasi atau video mengenai bagaimana menulis personal statement yang baik dan bisa membuat admission team jatuh hati dan menganggapmu sebagai sosok yang tepat untuk diterima di kampusnya. Banyak yang mengatakan ini adalah kunci utama untuk dapat diterima di sebuah kampus. Bagaimana beberapa halaman bisa menentukan masa depanmu. Saya sendiri tidak punya pengalaman banyak dalam hal ini, bahkan ini juga pengalaman pertama saya menuliskan personal statement untuk kampus-kampus di UK. Jika ada yang bertanya sebaiknya berapa halaman personal statement yang baik itu? Maka saya bisa jawab, jangan terlalu pendek juga terlalu panjang. Jika terlalu pendek, semisal hanya 1 halaman, takut tidak dapat mengcover semua potensi yang ada. Tapi, kalau terlalu panjang, misalnya 5 halaman, bisa jadi orang akan keburu bosan dan lelah sebelum mulai membaca.

Saya sendiri menuliskan motivation letter/personal statement rata-rata 3 halaman. Apa saja isinya?

  • Latar belakang tentang siapa kamu
  • Kenapa memilih jurusan A di kampus B
  • Prestasi yang pernah kamu raih
  • Relasi masa lalu dengan jurusan yang kamu pilih dan rencana masa depan
  • Nilai-nilai plus yang bisa kamu jual dan kenapa kampus harus memilihmu

Berikut contoh personal statement yang saya pakai mendaftar di beberapa kampus di UK, yang Alhamdulillah semuanya memberikan tawaran penerimaan (University of Warwick, University of Sussex, University of Leeds) dan satu motivation letter yang saya kirimkan untuk Tianjin University of Finance and Economics, yang juga Alhamdulillah diterima. Serta contoh CV saya.

Screen Shot 2016-07-08 at 12.56.09 AM
PS Warwick page 01
PS Warwick page 02
PS Warwick page 02

 

 

PS Warwick page 03
PS Warwick page 03
PS TUFE page 01
PS TUFE page 01
Screen Shot 2016-07-08 at 12.57.32 AM
PS TUFE page 02
PS TUFE page 03
PS TUFE page 03
CV page 01
CV page 02
CV page 02

PS : Untuk dikirimkan dokumennya, silakan request di kolom komentar atau email saya juga boleh 😀

  1. Apakah perlu kontak dengan Profesor / Dosen di sana terlebih dahulu?

Jika kamu mendaftar untuk kuliah yang non-riset, rasanya tidak perlu. Namun, jika kamu kuliah yang 70%nya akan diisi oleh riset dan bertemu dengan professor, sebaiknya mulailah mencari kontak professor yang menggeluti bidang yang kamu minati di kampus yang ingin kamu tuju. Sebab biasanya untuk beberapa LoA dapat dengan cepat diperoleh jika sudah mendapatkan jaminan dari professor yang akan mendampingi riset kamu.

  1. Berapa lama biasanya proses untuk mendapatkan LoA?

Dari pengalaman saya pribadi, biasanya kampus akan membutuhkan waktu 4-6 minggu. Itupun jika semua syarat sudah dipenuhi dengan baik. Jika kamu sistemnya main cicil, maka akan makan waktu lebih lama. Dan saran saya, mulailah mendaftar sejak awal pendaftaran dibuka, sebab kampus akan sangat sibuk jika menjelang batas akhir pendaftaran. Terlebih untuk kamu yang akan sekolah dengan pendanaan lembaga tertentu, sebab selain LoA biasanya aka nada banyak syarat dan urusan lain yang juga harus diselesaikan.

 

PS : Mintalah bantuan teman-temanmu untuk membaca dan mereview ulang dokumen-dokumen yang kamu tulis, khususnya personal statement/esai. Mulai dari penulisan, grammar, juga contentnya. Akan lebih baik lagi kalau kamu minta tolong tidak hanya ke satu orang, sehingga kamu bisa memperolah banyak sudut pandang dan masukan. Tapi, ingat ! jangan sampai masukan-masukan tersebut membuat kamu semakin bingung dan justru tidak menjadi diri kamu sendiri. 

 

Jika ada pertanyaan tambahan mengenai hal ini, silakan tinggalkan di kolom komentar dan saya akan mencoba menjawab sebisa saya.

 

Goodluck and yes, always believe and fight for your dream 😉

 

 

PS : dokumen-dokumen yang saya pakai dapat diunduh di sini >> Tiwi’s (not so) Secret File :p

 

54 Comment

  1. endah says: Reply

    Halo tiwi terimakasih sudah berkenan berbagi informasi, jika berkenan kirimkan dokumennya ke email saya? azwendahazmi@gmail.com terimakasih :d

    1. Boleh, bentar saya email ya 🙂

      Goodluck, Endah

      1. udah aku email ya, Endah 😀 goodluck

        kalau ada yang mau ditanyakan silakan

        1. Aku juga minta dong Ka , naruchunin@gmail.com

          1. hi, kamu kalau baca lebih detail, ada loh link untuk mengunduh file-filenya, coba dicek lagi

  2. Rasyid says: Reply

    Hai Mbak Tiwi. Makasih bgt udh mau sharing artikel seputar persiapan utk perang di medan tempur beasiswa. Yg ini super lengkap! 🙂 boleh dong share dokumen-dokumennya ke email sya. Butuh referensi cara nulis Motivation Letter & CV yg “menjual” utk para calon pemberi Beasiswa. hehe.. 😀 ini emailnya : rasyidbisa009@gmail.com

    oh ya, sy udah ngirim email (personal) ke email mbak. ada beberapa pertanyaan seputar pengalaman Mbak Tiwi saat di Australia. Mohon sekalian dijawab ya. 🙂 Klo misal emailnya gak ada di inbox, mungkin nyasar di junk file/spam box. hehe.. 😀

    Makasih bnyak atas waktunya. Semoga Allah Swt memudahkan semua urusan Mbak Tiwi kedepannya. Aamiiin.. 🙂

    Rasyid

    1. Hi, Mas Rasyid

      Salam Kenal

      Emailnya ga ada yg masuk nih soal Aussie, boleh diresend ?

      Untuk berkas yang diminta, saya email besok ya 🙂

      Makasih doanya, doa yg sama untuk kamu juga

      Goodluck

      1. udah aku email ya, Mas, smoga membantu

        kalau ada yang mau ditanyain silakan ya 😀

        1. Rasyid says: Reply

          emailnya udah diterima ya mbak. Thank you 🙂

          Bisa dikirimin format/template CV (dalam Ms. Word) yg mbak Tiwi pake. Suka sama design-nya. Sederhana tapi keren! 😀

          Tak tunggu ya. 🙂

          Makasih.

          Salam

          1. Hi, CV nya sudah ada juga kok di dropbox itu, goodluck ya

  3. Ahmad says: Reply

    Assalamualaikum tiwi.. Klo boleh, sy jg mau dikirimi dokumenny ke email sy,
    Ahmaddavidsajidan@gmail.com.
    Trima kasih..

    1. Hi, boleh-boleh, tapi saat ini saya lagi di Nepal, baru balik Indonesia tanggal 12 nanti, dokumennya ada di laptop, nanti nyampai Indonesia aku kirimin yak

      1. Ahmad says: Reply

        Oke2..

  4. tarida says: Reply

    Mba Tiwi, tks bgt informasinya, saya boleh tolong nanti dokumennya dikrm ke email saya jg ya di : tarida.rizki@gmail.com
    tks

  5. Prastatama says: Reply

    Haloo kak tiwiii.. Salam kenal saya Naya (laki-laki..heheh) asal Sul-Sel ki kak? kebetulan saya juga lahir besar di Makassar.. Sekarang lg menyelesaikan program ekstensi D3-S1 teknik telekomunikasi di Bandung.

    Terimakasih kak buat dropbox ta, langsung sa donlot kak hehe..

    Oh iya sekarang saya 2 semester lagi selesai S1 nya, dan lagi siap siap untuk apply beasiswa kayak kita, eh guugling ketemu web ta.. sebuah anugrah (anu gratis..) sekali hehe

    terimakasih untuk sharing ceritanya tanpa perlu ikut seminar..
    Mohon bimbingannya kace kalo ada waktu luang ta

    Salam penjinak beasiswa !!

    Naya Prastatama

    1. Hi hi, boleh2 silakan diemail ya

  6. atika says: Reply

    Dear Tiwi,

    Terima kasih banyak atas sharing pengalamannya.
    Sukses study-nya yaa!
    Ditunggu sharing pengalamannya selama di sana nanti 🙂

    Salam,
    Tika

    1. makasih, Atika 😀

      sukses buat kamu juga

  7. ichalbojes says: Reply

    assalamu alaikum tiwi…
    salam kenal…
    mau nanya soal chevening,katanya tuition fee yang ditanggung cuman sampe GBP18000??
    jadi gimana dong dengan tuition fee yang nilainya diatas itu? apakah kita hrs tanggung dengan dana pribadi?

    1. Yg 18rb hanya jurusan MBA, selebihnya inshaaAllah ditanggung kok

  8. Yukishimi says: Reply

    halo kak, sebelumnya selamat ya! btw, buat referensi, kalo kakak mau, dokumennya kirim ke emailku jg ya kak, di watson_fox@yahoo.com

    makasihhh kak 😀

    1. Hi, di akhir tulisan ada link dokumen loh, kalau kamu perhatiin baik2 🙂 goodluck

  9. Andien chandrika says: Reply

    Hai Tiwi, salam kenal saya Andien. Saya sdh ikutin blog Tiwi semenjak Tiwi ikt WHV, dari situ selalu ikutin perkembangannya dan saya selalu kagum sama Tiwi. Btw selamat ya Tiwi utk beasiswa cheveningnya semoga pulang bisa membuat Indonesia menjadi lebih baik lagi seperti yg Tiwi sdh lakukan sebelumnya. Terima kasih sudah selalu menginspirasi saya. Semoga suatu saat nanti saya diberikan kesempatan utk bertemu Tiwi dan sharing banyak hal. Good luck for your future ahead Tiwi 😀

    1. Hi, Andien, makasih ya sudah mampir ke “rumah” saya 🙂

      Yuk daftar Chevening, Ndien, lagi buka nih, inshaaAllah bisa

  10. Vitas Giri says: Reply

    Hallo Mbak Tiwi, saya Vitas. Sekarang ini saya lg jd scholarship hunter hahaha, seneng bisa nemu blog Mbak Tiwi, informasinya bermanfaat banget. Kalo boleh saya jg mau minta dokumen yg d maksud di atas ke vitasgiriluke@gmail.com. Dan kalo Mbak Tiwi nggak keberatan, mungkin Mbak Tiwi bisa jadi proofreader untuk motivation letter saya, hehe.
    Terima kasih Mbak, semoga studinya dilancarkan yaa.
    Salam.

    1. Hi, Vitas

      di postingan paling terakhir ada link untuk mengunduh dokumen-dokumen yang saya pakai loh, coba dicek lagi

      goodluck ya 😀

  11. Juan says: Reply

    Halo Kak Tiwi,

    Aku Juan kak, dari Unhas Juga 🙂 bisa sharing documents kakak ke email ku juga tdk kak ? hehe. Ini emailku juanjmrdi26@gmail.com. Thanks a lot kak. 🙂

    1. Hi, Juan,

      kalau kamu baca lebih teliti lagi, di postingan terakhir ada link untuk mengunduh file-file yang aku pakai loh, semuanya lengkap

  12. amnal hakim says: Reply

    halo kak tiwi gmn kabar nya? selamat ya kak atas kesuksesannya dlm seleksi beasiswa chevening 😉
    mau tanya kak untuk syarat minimal IPK untuk daftar beasiswa chevening berapa ya? apakah aku bisa apply dengan kondisi IPK saat S1 2.95 ? terima kasih atas jawaban nya 🙂

    1. Hi, Amnal Hakim

      Setauku tidak ada syarat IPK minimal sih, cuman boleh dicek lagi di webnya Chevening ya, sapatau ada perubahan syarat.

      Goodluck ya

  13. Ovie says: Reply

    Hai Tiwi,
    Thank youuu udah sharing dropbox nya, membantu banget :’)

    Anw, mau tanya, di dropbox itu kan ada contoh reference letter yang ditujukan untuk University of Warwick. Kalau reference letter yg untuk Chevening, apakah isinya sama cuma ganti nama penerima suratnya aja atau totally beda?
    Masih agak bingung nih soal reference letter huhu.

    Thanks! 🙂

    1. Hi, Ovie

      Maaf banget baru bisa buka blog lagi. Kalau aku pribadi kurang lebih isinya sama, hanya diganti yang ditujukannya saja.

      Goodluck ya, Ovie

  14. Hariyono says: Reply

    Terima kasih infonya dan kesediaannya untuk berbagi. Semoga usahanya dimudahkan oleh Allah SWT. Ditunggu terus update cerita cheveningnya disini hehe.

  15. Hariyono says: Reply

    Terima kasih mbak atas kesediannya berbagi. Semoga segala urusan dimudahkan oleh Allah SWT. Ditunggu terus updateannya mengenak chevening. Semoga lancar. Amin

    1. Sama-sama, makasih doanya

  16. Meilisa says: Reply

    Hai Tiwi,

    Thank you for sharing, isi dropbox nya lengkap dan sangat membantu. Wish me luck! Hope to see you there 😉

    1. Good luck ya

  17. Doni P says: Reply

    Halo mbak, saya Doni dari Jogja mbak, saya mau tanya, kalo daftar ke univnya tapi belum punya IELTS kira kira bisa kah mbak mereka mengeluarkan LoA? makasih mbak

    1. Bisa, namanya LoA conditional atau bersyarat. Goodluck

  18. Halo Tiwi,

    Makasi banget udah share tips2 dan pengalamannya buat Chevening, aku ngikutin semua tulisanmu. Saat ini aku lagi persiapan juga apply Chevening. Apa aku boleh minta komen2nya utk essayku? Sepertinya butuh pandangan dari yang udah pernah ngalamin langsung. Kalau boleh nanti aku bisa email ke mana?

    Makasi banget ya Tiwi 🙂

    1. Hai Siti, boleh aja tapi aku ga janji bisa balas cepat soalnya kuliahnya lagi padat ama tugas-tugas. Kalau mau dikirim aja dulu ke pratiwihamdhana@gmail.com

      Goodluck ya

      1. Sudah kukirim ya ke email pratiwihamdhana@gmail.com.
        Makasi banyak 🙂

  19. Rita says: Reply

    Hai, Mbak. Kalo melamar ke Uni tujuan harus sudah ada sertifikat Bahasa Asing? Atau boleh dilampirkan belakangan? Terimakasih

    1. Boleh menyusul

      Good luck ya

  20. mariska says: Reply

    Halo Tiwi, terima kasih sudah berbagi pengalaman. Saya baru aja submit aplikasi Chevening nih, sehari sebelum penutupan. 🙂
    Saya submit aplikasi Chevening hari ini dan belum apply ke tiga kuliah pilihan saya. Apa Tiwi dulu juga begitu? Kapan Tiwi mulai melakukan pendaftaran ke tiga pilihan kuliah yang diminta Chevening? Apakah langsung sesudah submit aplikasi Chevening? Apakah setelah dipastikan lolos wawancara Chevening? Atau kapan?

    Terima kasih…

    1. Halo Mariska,

      Maaf saya baru sempat buka blog lagi
      Saya daftar begitu dapat info lolos ke tahapan wawancara

      Good luck ya

  21. yoni says: Reply

    assalamualaikum ka tiwi,
    kalau boleh bisa tolong dikirim dokumennya ke email saya ya ka
    yoniandari@gmail.com

    terima kasih

    1. Hi, kalau kamu baca artikel saya di sini

      http://pratiwihamdhana.com/2016/07/08/scholarship-hunting-q-a-university-how-to-apply-and-get-loa/

      ada link ke akses dokumen yang saya pakai, coba dicek lagi

      Good luck

  22. Shifa Nuraini Badrein says: Reply

    Thank you so much for sharing 🙂

    1. Sama-sama Shifa 😀

  23. siti masitoh shahib says: Reply

    Assalamualaikum mbak Tiwi,
    Aku siti yang juga sedang berjuang di beasiswa Chevening. Mohon arahannya dan doa nya ya mbak. Bolehkah aku minta contoh essay dan surat rekomendasi mbak? Email aku masitohsitti24@gmail.com terimakasih banyak.. Dan semoga langkahnya selalu diberkahi Allah. Aamiin

    1. Hi Siti,

      maaf saya baru buka web lagi.

      Di postingan terakhir tentang Chevening, saya ada cantumkan link ke dokumen yang saya pakai, bisa ditengok

      Good luck ya

  24. Aryo Wiradi Putra says: Reply

    Hi mbak Tiwi, makasih udah share info. Saya Aryo dr Samarinda, Kalimantan Timur. Saya mau tanya. Ketika mau submit aplikasi chevening ini, apakah sudah harus dpt LoA dr univ yg kita mau? Atau menyusul? Mohon infonya. Terimakasih.

Leave a Reply